Tips dan Strategi Bisnis Online dengan Content Marketing

Tips dan Strategi Bisnis Online Dengan Content Marketing

Pemasaran konten atau dalam istilah pelaku e-commerce disebut juga sebagai content marketing. Hal ini merupakan salah satu strategi bisnis online dengan content marketing. sebuah frase yang memiliki sebuah makna kuat. Dalam ranah online konten bisa berupa artikel, audio, video dan gambar dengan berbagai macam format, sedangkan marketing dalam konteks tersebut dapat diartikan membawa dan memperkenalkan konten tersebut pada seluruh pengguna internet aktif di seluruh dunia.

Pemasaran konten (content marketing) adalah sebuah ide bagus untuk dapat meningkatkan pengunjung pada sebuah situs yang dipergunakan sebagai lapak jual beli dengan menggunakan sistem online.

Meluangkan waktu untuk menghasilkan konten yang besar dan menyebarkannya secara online merupakan cara yang fantastis untuk semua bisnis baik itu dari jenis bisnis dengan mengiklankan barang dan jasa, brand sendiri dan membantu SEO dalam mencapai konversi.

Pembuatan sebuah content marketing yang ditujukan sebagai senjata atau strategi pemasaran suatu bisnis pada umumnya memiliki cara yang sama dengan pembuatan konten biasa. Akan tetapi muatan dan cara penyuguhannya banyak mengandung atau relevan dengan suatu produk yang tengah di pasarkan di internet. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan setelah membuatnya, karena setiap konten yang dibuat tidak lantas langsung membawa situs anda pada puncak popularitas.

 

Ada beberapa langkah dan tips lain yang harus anda terapakan, dalam melakukan strategi bisnis online dengan content marketing, berikut pemaparannya:

 

1 . Mengutamakan Kualitas

Seperti yang diutarakan oleh bill gates bahwa content is king. Hal ini pun sangat berpengaruh terciptanya keberhasilan usaha. Menciptakan konten yang tepat seperti mudah dimengerti dan memberikan trust kepada user tentu bisa terciptanya konversi.

Utamakanlah sebuah kualitas dibanding dengan kuantitas karena jutaan konten membanjiri internet setiap harinya maka konten yang berkualitas akan jauh lebih logis dan mudah untuk diterima ketimbang yang memiliki kuantitas tinggi. Kualitas bagus tidak berarti harus bermuatan berat, menyuguhkan hal ringan dengan kemasan apik dengan makna yang edukatif serta informatif tentunya akan memberikan nilai plus untuk semua orang..

 

2 . Memberikan Informasi, Bukan Promosi

Meskipun tujuan anda dalam membuatnya agar bisnis online anda mampu berkembang, akan tetapi jangan pernah anda membuat isinya 100 % konten promo yang melakukan sebuah penawaran. Buatlah sebuah isi yang mengandung informasi seperti tutorial, panduan, kelebihan, tips dan lainnya yang relevan dengan produk yang anda tawarkan. Hal tersebut merupakan langkah yang sangat baik.

 

3 . Memanfaatkan Situs Jejaring Sosial

Jika memiliki fanpage/grup dari jejaring sosial, maka hal ini memudahkan untuk menjalankan usaha. Sebarkanlah melalui sebuah media sosial jika telah selesai anda membuatnya. Hal ini bertujuan agar lebih banyak orang yang melihat dan mengklik konten tersebut. Lakukanlah secara berkala agar anda tidak dianggap sebagai spammer.

Referensi: http://www.postano.com/blog/tips-for-developing-a-content-marketing-strategy (5/2/2016)